Pasal 1
Ketentuan Umum

Sekolah ialah lembaga tempat berlangsungnya pendidikan, tempat proses belajar mengajar dan siswa berlatih agar kepribadian, kecerdasan dan keterampilan berkembang sesuai dengan tujuan pendidikan.

Untuk terlaksana dan tercapainya tujuan diatas, perlu adanya usaha, itikad, pengertian dan kerjasama antara seluruh personal sekolah yaitu Guru, Karyawan dan Siswa, dengan Orang Tua/ Wali Murid dan masyarakat serta instansi terkait.

Aturan tata tertib dibuat untuk menciptakan suasana yang kondusif mendukung tujuan pendidikan, sehingga kegairahan siswa belajar dan guru mengajar dapat terjadi, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Kehadiran Siswa

1. Siswa harus berada di sekolah selambat-lambatnya 15 menit sebelum bel masuk dibunyikan.

2. Siswa yang berhalangan hadir wajib memberitahukan secara tertulis kepada Kepala Sekolah melalui wali kelas dan/ atau guru piket.

3. Minimal kehadiran siswa dalam proses KBM adalah 95 % hari efektif setiap semester.

4. Siswa yang terlambat harus melapor kepada guru piket dan wajib memberikan alasan logis mengenai keterlambatannya. Guru piket berhak memberi hukuman bagi siswa terlambat berupa kegiatan yang positif, edukatif, dan bukan berbentuk kekerasan fisik sebelum siswa dipersilahkan untuk mengikuti KBM.

5. Siswa yang terlambat akan mendapatkan sanksi

Kegiatan Belajar di Sekolah

1. Siswa wajib mengikuti seluruh kegiatan belajar yang telah disusun oleh pihak sekolah.

2. Setiap hari kegiatan belajar didahului dengan membaca doa dan membersihkan kelas masing-masing pada 5 menit sebelum mulai KBM dan diakhiri dengan berdoa bersama yang dipimpin guru.

3. Apabila guru suatu mata pelajaran sedang memberikan materi, siswa dilarang mengerjakan tugas mata pelajaran lain.

4. Siswa wajib menyiapkan kebutuhan untuk kegiatan belajar termasuk tugas-tugas dan alat tulis masing-masing.

5. Siswa menggunakan sarana prasarana yang ada di sekolah dengan hati-hati dan penuh tanggungjawab.