Sejarah SMK Negeri 1 Luragung
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Luragung berdiri sejak tanggal 8 Nopember tahun 2007 dengan surat keputusan Bupati Kuningan Nomor : 421.3/KPTS.344-Disdik-2007.

Semula SMK Negeri 1 Luragung merupakan Unit Sekolah Baru (USB) yang dibangun tahun 2007 dengan anggaran yang bersumber dari APBN dan APBD Kabupaten Kuningan selama 2 tahun berturut-turut.

Awal berdirinya SMK Negeri 1 Luragung adalah merupakan program dan gagasan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan dalam rangka merealisasikan kebijakan Mendiknas tentang pengembangan sekolah kejuruan dimana pada tahun 2010 rasio jumlah SMK dan SMA 60 ; 40 (%) dan hal ini sejalan dengan harapan dan keinginan masyarakat kecamatan Luragung dan sekitarnya di wilayah timur Kabupaten Kuningan dapat didirikan SMK Negeri hal ini pula sejalan dengan program pemerintah dalam rangka pemerataan dan percepatan pendidikan khususnya sekolah menengah kejuruan.

Dengan dukungan dan komitmen pemerintah Kabupaten Kuningan yang sangat tinggi tehadap penyelenggaraan pendidikan khususnya pendidikan menengah kejuruan maka terwujudlah unit sekolah baru SMK Negeri 1 Luragung pada tahun 2007, sesuai surat keputusan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan nomor : 425.11/951-dikmen/2007 tanggal 31 Mei tahun 2007 tentang tim pendiri USB SMK Negeri 1 Luragung.

Dengan telah selesainya pembangunan tahap pertama USB SMK Negeri 1 Luragung dan diangkatnya Kepala Sekolah definitif, maka terhitung mulai tahun pelajaran 2008/2009 SMK Negeri 1 Luragung mulai menerima siswa baru untuk program keahlian teknik kendaraan ringan (TKR) dan program keahlian pemasaran (Marketing). Sedangkan di tahun berikutnya membuka dua program keahlian baru yaitu teknik gambar bangunan (TGB) dan teknik sepeda motor (TSM).

Dalam usia yag relatif masih muda ini SMK Negeri 1 Luragung telah banyak mengukir prestasi baik bidang akademis maupun non akademis di tingkat kabupaten dan propinsi.

Untuk pengembangan SMK Negeri 1 Luragung agar mampu memberikan pelayanan pendidikan yang optimal baik secara kuantitatif maupun kualitatif serta lebih banyak lagi menyerap lulusan SMP/MTs dan sederajat baik negeri maupun swasta khususnya di wilayah timur Kabupaten Kuningan maka di tahun pelajaran 2012/2013 membuka kompetensi keahlian baru yaitu Kompetensi Keahlian Multimedia.